Laman

Rabu, 29 Desember 2010

Dari Pengalaman ke Tulisan

Catatan Kajian  
SP [Studi Pustaka] PPSDMS Reg.2 Bandung  
Pemateri : Agung Wijaya Mitra Alam  
Kamis, 23 Desember 2010, pukul 5.00 s.d. 6.00 WIB  


Agung Wijaya Mitra Alam akrab dipanggilnya, beliau adalah peserta PPSDMS regional 2 Bandung angkatan 4. Beliau menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Elektro angkatan 2007. Selisih umurnya tidak jauh dengan kita, namun karyanya sudah bisa diakui sangat memberikan kebermanfaatan bagi umat manusia. Beliau merupakan penulis dari dua buku. Buku pertamanya yaitu “100% LDK itu keren” yang telah diterbitkan pada Oktober 2010 lalu, sedangkan buku kedua yaitu “Indonesia, it’s an amazing area 100%”. Inspirasi beliau tidak pernah berhenti semenjak mengikuti porgram pembinaan SDM strategis dari Nurul Fikri sehingga muncul karya dari jemari tangan beliau.

Awalnya, ketika di PPSDMS, beliau sangat tidak suka membaca, apalagi menulis. Untuk membaca saja, beliau tidak menemukan sense untuk melakukannya. Pernah beliau merasa iri ketika teman-teman yang lain bisa membaca sampai larut malam tanpa henti. Mereka terlihat asyik dalam membaca sampai seperti itu. Beliau pun ingin mengikuti mereka yang bisa membaca sampai terlarut seperti itu. Beliau pun membeli buku seperti yang dibeli oleh teman-temannya, salah satunya adalah novel Ayat-Ayat Cinta. Namun setelah membeli buku tersebut, beliau tidak menemukan sense untuk membaca. Kemudian beliau memberli lagi jenis buku yang lain, fiqih dakwah. Tetapi tetap saja tidak juga muncul keingingan untuk membaca sepertu yang dilakukan oleh teman-temannya. Begitulah sampai lima kali beliau membeli buku, tapi tetap saja tidak terbentuk rasa ingin membaca. Hingga akhirnya ketika membeli buku Ust. Anis Matta, Lc. yang berjudul “Model Manusia Muslim Abad XXI”, beliau merasa kenikmatan untuk membaca itu telah muncul. Setelah mendapatkan hal tersebut, beliau langsung memborong 10 buku sekaligus yang dikarang oleh Ust. Anis Matta, Lc. Memang ketika kita sudah menemukan kenyamanan dalam membaca, kita dapat merasakan bahwa membaca adalah hal ytang mengasyikkan. 

Pengalaman membaca dan menulis banyak beliau dapatkan ketika mengikuti program PPSDSMS. Beliau merasa dipacu untuk berkreasi dengan tulisan. Beliau tertarik di dunia tulis menulis karena dengan menulis, beliau dapat berdakwah tanpa harus menghadirkan jiwa raganya. Selain itu, tulisan kita akan bersifat abadi dan akan selalu eksis dan juga bisa melebarkan sayap-sayap pos dakwah. Keaktifan beliau di organisasi Lembaga Dakwah Kampus di ITB (Gamais ITB) khususnya pada bidang Syiar dan Pelayanan Kampus menginginkan bekliau untuk menyiarkan Islam lebih luas lagi, salah satunya dengan membuat buku.

Salah satu kesibukan beliau adalah berkeliling Indonesia. Beliau juga sering diminta untuk menjadi pembicara dalam acara pelatihan manajemen dakwah kampus di kampus-kampus lain di Indonesia. Sudah banyak kampus-kampus di Indonesia yang beliau singgahi, mulai dari barat Indonesia (Universitas Andalas di Padang) sampai timur Indonesia (Universitas Pattimura di Ambon). Dari kunjungannya ke berbagai universitas dan belajar mengenai dakwah kampus dari universitas di Indonesia yang beranekaragam, beliau akhirnya menulis sebuah buku yang menggambarkan kondisi lembaga-lembaga dakwah kampus di Indonesia, judulnya 100% LDK itu Keren.

Awal buku ini dibentuk adalah bahwa beliau melihat potensi yang sangat luar biasa dari berbagai lembaga dakwah kampus di seluruh Indonesia ini yang bila dikembangkan akan mempercepat transformasi pembentukan masyarakat madani di Indonesia. Potensi yang sangat besar tersebut sayangnya tidak dibarengi dengan manajemen yang baik dari LDK itu sendiri sehingga tidak dimanfaatkan secara maksimal. Pernah suatu hari beliau menjadi pembicara pada sebuah pelatihan manajemen dakwah kampus. Selama acara tersebut, peserta sangat antusias dan kadang beberapa kali bertakbir. Mereka semangat ketika materi disampaikan dan banyak topik yang bisa dibicarakan untuk membentuk manajemen lembaga dakwah kampus yang baik. Setelah itu mereka kembali bertakbir, sedikit-sedikit  takbir, sehingga terlihat semangat dari mereka. Tetapi ketika ditanya tentang apakah yang sudah Antum lakukan bersama LDK Antum? Semua peserta tertegun dan terdiam. Padahal potensi mereka sangat besar untuk dapat membangun sebuah organisasi dakwah dengan beragamnya latar belakang mereka. Inilah yang menjadi insirasi beliau untuk menulis sebuah buku yang isinya tentang manajemen dakwah kampus dan pengoptimalan potensi-potensi di lembaga dakwah kampus.

Buku kedua terinspirasi oleh petualangan beliau ketika berkeliling Indonesia. Beliau melihat bahwa potensi Indonesia sangat besar dari berbagai hal dan tidak dimanfaatkan secara maksimal. Beliau ingin memperkenalkan Indonesia melalui tulisannya dalam buku yang berjudul Indonesia, it’s an amazing area 100%. Target beliau adalah buku kedua ini dapat tembus di pasaran internasional sehingga orang-orang luar dapat mengetahui sisi Indonesia yang menakjubkan. Buku kedua ini ada dalam dua versi, yang pertama adalah bahasa Indonesia dan yang kedua adalah bahasa Inggris. Beliau sempat kesulitan dalam mencari penerjemah dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris karena isi-isi dalam buku tersebut banyak dihiasi oleh sastra dan retorika bahasa yang jauh dari kaidah bahasa Inggris formal. Beliau sangat berambisi agar buku tersebut dapat laku di pasaran internasional.

Satu pelajaran yang dapat diambil dari beliau bahwa keinginan kuat dapat mengalahkan segalanya. Paradigma mengenai tidak suka membaca ataupun menulis dapat diubah 180 derajat menjadi seseorang yang mempunyai hobi menulis. Beliau juga memiliki tekad yang kuat untuk memanfaatkan potensi yang ada untuk dijadikan sebagai pemicu prestasi. Kekuatan tekad beliau digambarkan dengan judul buku-bukunya yang ada istilah 100% yang melambangkan tidak ada keraguan. Ada satu kata yang sangat mengena bagi penulis dari beliau bahwa kejayaan tidak akan didapat dari orang-orang yang suka mengeluh. Artinya, manfaatkan potensi apa yang ada semaksimal mungkin.


Penulis : Iwan Nurfahrudin
dari kajian Studi Pustaka PPSDMS regional 2 Bandung



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl
Posting Komentar